About Me

Thursday, August 11, 2011

Mengenal Polymer Clay


Bermain dengan clay tidak hanya untuk anak anak, semua usia bisa bermain main dengan Polymer Clay, pria atau wanita, anak- anak,  dewasa atau orang tua. Kita bisa membuat hiasan apa saja dari Polymer Clay. Dari hiasan  yang kecil  atau besar, yang unik, dan antik seperti gantungan kunci, hiasan magnet kulkas, pembatas buku, rangkain bunga sampai membuat bead untuk jewelry. Pokoknya semua ekspresi bisa dituangkan dengan menggunakan polymer clay.
Ceritanya, berawal dari nyariin Nadin kegiatan untuk liburan bulan summer 2011, kebetulan dia maunya masuk art camp. Browsing sana sini, akhirnya diputuskan untuk ikut art camp di bulan Juli minggu ke dua selama 1 minggu. Nah..dari mulai liburan ke bulan Juli masih 3 minggu lagi. Akhirnya terpaksa nyariin kegiatan buat dia. Salah satu kegiatan Nadin di bulan summer adalah membuat perhiasan imitasi seperti kalung, gelang dan anting. Kebetulan dia suka main main dengan aneka  bead. Mau nggak mau maminya harus browsing di Internet untuk mendapatkan inspirasi jewelry buat anak pra-remaja. Kebetulan aku juga ikut Jewery kelas di lokal bead store dikotaku, tapi belum benar benar serius menekuni hobby baru ini . Awalnya aku nggak tertarik di Polymer Clay, tetapi saat  melihat bead yang dibuat dari Polymer Clay hasilnya bagus bagus,  langsung deh jatuh cinta. Dari sini timbul angan-angan, andai saja aku bisa membuat mini floral bead dari clay, yang kebetulan saat itu aku lagi banyak browsing floral bead untuk projek jewelryku. Sejak itulah, aku benar benar serius untuk belajar dan memulai berkreasi dengan Polymer Clay.
Disinilah seninya kalau kita bisa membuat kerajinan tangan  kreasi sendiri, rasanya lebih puas. Kita bisa mendesign model, ukuran dan warna yang seperti kita inginnkan. Pokoknya kita bisa membuat apa saja yang kita mau.  Saat ini aku fokus untuk membuat aneka bead untuk projek jewelry atau assesoris kecil kecil. Ada beberapa hal  yang perlu diketahui sebelum lebih lanjut untuk menekuni hobby ini, seperti teknik mana yang mau dipakai, alat yang dibutuhkan, bahan bahan yang mana yang bagus dan cocok untuk membuat bead. Aku banyak mencari informasi tentang Polymer Clay di Internet, pergi ke perpustakaan dan membaca beberapa buku atau majalah tentang jewelry dan polymer clay, dan yang terakhir  kursus atau membeli beberapa tutorial kalo yang ini pilihan lho...karena aku tidak mempunyai dasar sama sekali tentang membuat bead dari Polymer clay, jadi aku ingin tau basic, trik, dan tipsnya.
Untuk tahab awal, sebaiknya tidak mengeluarkan banyak uang dulu untuk hobby ini. Mengingat hobby ini memerlukan banyak alat alat untuk mendapatkan variasi jewelry yang akan kita buat. Menurutku sebaiknya dicoba dulu,  kalau nantinya hobby baru ini menjadi suatu hobby yang serius,  baru mulai untuk melengkapi dan membeli peralatan yang profesional. Sejak menekuni hobby ini, aku jadi sering ke Michael dan Jo-Ann( Toko Art di Amerika), aku selalu mencari kupon diskon untuk membeli alat alatnya, lumayan kalo dapat diskon 40-50%. Kalau aku tidak menemukan alat yang aku perlukan di lokal toko, aku biasanya membeli online.
Hal hal paling dasar untuk diketahui :
1. Jenis Polymer Clay.
Di Amerika ada beberapa produk di pasaran seperti Kato, Fimo, Premo,  Sculpey, studio, craft smart. Banyak orang bilang Premo bagus, ada juga yang bilang Fimo bagus. Untuk membuat bead diperlukan clay yang keras setelah di oven, yang ini aku banyak memakai Premo atau Fimo Classic. Untuk anak anak biasanya aku memilih Fimo soft, yang ini cocok untuk mereka karena lebih lembut dari pada Fimo Classic. Sedangkan Kato, Premo dan Fimo Classic lebih keras. Hal yang penting untuk memulai membuat projek dengan clay adalah conditioning clay artinya clay harus di lunakkan sebelum dipake dengan cara mengepal ngepal, atau bisa neggunakan botol untuk membuatnya lunak seperti kalo membuat adonan roti. Bisa juga memakai pasta mesin ( alat pembuat mie), bila menggunaka pasta mesin pastikan mesin ini hanya digunakan unuk clay,  jangan dicampur dengan membuat mie atau makanan lainnya.
2. Alat alat yang dibutuhkan.
Untuk memulai projek dengan polymer clay diperlukan beberapa alat alat, seperti dijelaskan diatas jangan terburu buru membeli semua alat alat terutama alat alat yang mahal. Gunakan dulu alat dari dapur seperti botol atau gelas untuk melunakkan clay ( conditioning clay ) , pisau, cetakan kue, dan oven. Kalau hobby baru ini menjadi serius baru mulai membeli alat-alat yang diperlukan misalnya: Pasta mesin, Oven atau toaster, sebaiknya membeli oven atau toaster yang ada alat untuk pengatur temperaturnya, bagaimanapun oven- temperature masih diperlukan untuk mengukur suhu di dalam oven. Pada setiap produk clay ada petunjuk suhu pembakaran, suhu ini sebaiknya dijaga supaya stabil usahakan tidak naik turun karena bisa mempengaruhi kualitas bead atau kalau suhunya lebih dari yang disarankan bisa terbakar. Karena itu diperlukan oven temperature . Alat yang lain adalah alat khusus buat membakar clay, kalu tidak asa bisa menggunakan kertas . Silet atau pisau yang tajam, macam macam cetakan clay ( cutter cookies), alat untuk menggilas clay , bead rack ( alat untuk meletakkan clay yang akan dibakar di oven, dan alat lain untuk membentuk clay.
3. Tempat yang bersih .
Gunakan kaca yang tebal sebagai alas atau keramik untuk mengerjakan projek. Gunakan tissue bash untuk mempersihkan alat alat . Karena warna bisa menempel di permukaan keramik atau kaca kalau tidak dipersihkan dan akan bercampur dengan warna lain. Jadi usahakan selalu membersihkan dengan tissie basah atau serbet basah untuk membersihkan.
4. Belajar atau kursus.
Ada beberapa cara untuk belajar membuat jewelry atau hiasan dengan menggunakan polymer clay seperti browsing di internet, ada beberapa tutorial gratis yang bisa dipelajari dan dipraktekkan. Bisa juga pinjam buku di perpustakaan, membeli majalah . Kalau hobby ini menjadi serius bisa mengambil kursus atau gabung workshop di local kota dimana kita tinggal. Saat ini aku tinggal di kota kecil, jadi tidak selalu ada kursus atau workshop polymer clay, salah satunya aku ambil kursus online. Banyak sekali kursus yang ditawarkan di Internet, usahakan mengikuti satu kursus dulu,  sekiranya kita bisa mengikuti lanjutkan kalau tidak bisa atau susah untuk diikuti bisa cari kursus yang lain.
Sementara sampe sini dulu. Sampai ketemu lagi di posting yang lain.

3 comments:

  1. meninggalkan jejak dulu.. lagi pengen belajar kerajinan.
    salam kenal

    terima kasih

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. Di panggang di oven gede yg buat kue itu bisa ga? Brapa mnit ya waktu pmanggangannya?

    ReplyDelete